23 May 2008

huruf

membangun keajaiban secara grafis bukan suatu mimpi, lewat perangkat yang kita sebut komputer kita bisa membuat apa saja, gambar yang menarik sampai kemasan visual yang menipu dan menggelinjangkan otak yang sesuai trend... ya dengan sangat sadar bahwa mata dan otak yang terhubung oleh sel - sel mungil sangat berpengaruh dalam dunia desain grafis.. dari keajaiban tipografi, psikologi warna sampai psikologi pemanfaatan garis (ELS)..

mari kita bicara tentang tipografi menurut cara pandang saia...

Tipografi adalah pemanfaatan huruf, pengolahan dan pengejawantahan huruf yang pada trend masa ini bisa menjadi ilustrasi, pengobrak-abrikan atau juga menyusun huruf, sedangkan menurut wikipedia tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Pengobrak-abrikan dan menyusun huruf demi huruf, perusakan grid huruf - huruf oleh para disainer mungkin bisa disahkan selama itu bisa terbaca (baik terbaca oleh si disainer itu sendiri atau orang yang melihatnya) atau juga mempunyai maksud-maksud tertentu yang tidak mewajibkan orang yang melihat itu mengerti, sebagai contoh kasus adalah logotype yang diciptakan oleh band-band metal, mereka dengan lugas dan garang merusak tatanan tipografi dan menambahkan sudut-sudut runcing yang menyusahkan orang untuk membacanya.. iya mereka tidak peduli dengan orang yang melihat susunan huruf dan makna apa yang tersembunyi di dalamnya, dan bisa jadi karya ini bisa masuk dalam kategori huruf miscellaneous.

Jenis huruf

Secara garis besar huruf-huruf digolongkan menjadi:


  • Roman, dengan ciri memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.

  • Egyptian, dengan ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat, kekar dan stabil.

  • Sans Serif, dengan ciri tanpa sirip/serif, dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.

  • Script, merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi dan akrab.

  • Miscellaneous, merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.


oke saia akan giring pemikiran anda ke pemanfaatan tipografi pada material event-event komersial.. event komersial membutuhkan tipografi yag tidak begitu rumit tetapi membutuhkan tingkat pemahaman konsep event yang dalam.. sebagai contoh ketika kita mendesain event humor maka sebaiknya mungkin menggunakan tipikal huruf yang menggelembung dan lucu, bila kita mendesain event yang serius maka gunakanlah tipikal huruf yang mempunyai kaki atau yang kita sebut huruf serif... tetapi racikan ini juga harus mempunyai keseimbangan penggunaan huruf atau dengan kata lain kita meracik,mengkomposisi penggunaan huruf tersebut secara maksimal.

Bisa saia menyimpulkan penggunaan huruf akan terasa maksimal bila kita mampu menemukan keseimbangan dalam komposisi dari susunan jenis huruf yang ada.

Posting Berdasarkan Kategori:



0 komentar:

Post a Comment

silahkan berkomentar..